• Replace This Text With Your Featured Post 1 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 2 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 3 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 4 Description.
Senin, 12 November 2012
Senin, November 12, 2012

Trik Mudah Kuasai Semaphore

Bagi adik2 Pramuka Semaphore adalah salah satu materi Tekpram yg cukup sulit dan memakan waktu untuk dikuasai. Apalagi jika Pembinanya belum begitu hapal akan abjadnya. Kesulitan yg selalu dihadapi adalah susahnya adik2 didik menerima kiriman berita bendera. Ini seringkali terjadi saat akan memulai materi. Disini saya mencoba memberikan tips agar kak Pembina atau adik didik untuk dapat menguasai tekpram Semaphore dari hasil Pengalaman saya :
1. Latihlah pengenalan abjad dalam 2 kali pertemuan.
2. Setelah sedikit mengenal posisi, mulailah melatih memainkan kata2.
3. Untuk tahap awal coba latih cukup 1 kata tetapi banyak ragam,contoh "PRAMUKA" jika dikuasai dalam 10 menit berarti sudah memiliki ingatan 6 hurup,kemudian lanjutkan kata berikut "CIKAL" maka 10 mnt akan memiliki 3 hurup jd 2 mnt terlatih 9 hurup 2 kata, dst terserah kata2nya, disarankan kata yg digunakan hurupnya berbeda 3 dan 4 hurup ini agar adik2 didik dpt terkosentrasi.
4. Setelah dianggap cukup menguasai huruf dan kata2 yg dilatih cobakanlah mengirim berita dgn kata2 tsb dlm rangkaian kalimat,untuk tahap pertama 2 kalimat mis cikal pramuka, dst.

Nah dalam pertemuan ke empat adik2 didik sudah terbiasa mengirim dan menerima berita.

Selamat Mencoba.






SALAM PRAMUKA.....

1 komentar: